Apa yang Terjadi pada Masa Kehamilan 6 Bulan ?


Banyak hal yang perlu Anda atau istri Anda ketahui jika sedang dalam masa kehamilan. Salah satunya yaitu bagaimana cara agar janin yang ada didalam kandungan selalu sehat dan tumbuh berkembang dengan baik. Dalam masa kehamilan 6 bulan biasanya sudah tumbuh dan hampir sempurna. Untuk itu sang ibu harus selalu berhati-hati dan waspada dalam menjaga kondisi kandungan.

Pada kehamilan yang menginjak 6 bulan atau trimester kedua bayi sudah mulai tumbuh gigi dan bentuk indra yang sempurna. Sebelum menginjak usia 6 bulan mungkin posisi bayi adalah kepala di bagian atas sesuai posisi perut, tetapi jika sudah menginjak usia 6 bulan maka posisi kepala akan terbalik dengan sendirinya. Pada masa-masa ini bayi yang ada dalam perut akan lebih aktif merespon gerakan-gerakan yang berasal dari luar.

Beberapa pengalaman ibu-ibu saat memasuki kehamilan 6 bulan biasanya sering bergerak-gerak dengan sendirinya. Dengan masa-masa ini sang bayi juga sudah bisa sedikit mendengar suara yang ditimbulkan dari luar, maka dari itu banyak ibu-ibu yang sering membacakan atau menyanyikan sebuah lagu.

masa kehamilan 6 bulan

Hal tersebut diyakini jika kelak bayi tersbut lahir dan besar maka akan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh sang ibu ketika memutarkan music tersebut. Dalam masa kehamilan 6 bulan ini posisi bayi akan terus terbalik sampai dia terlahir. Semakin lama usia kandungan makan semakin pula bentuk tubuh bayi mengalami perubahan, hal ini menjadikan rahim semakin sempit dan menjadikan aktivitas sang bayi sedikit berkurang.

Dalam masa-masa kehamilan 6 bulan Anda harus mengupayakan selalu memiliki pola hidup sehat dengan memakan-makanan yang banyak mengandung mineral dan gizi yang baik. Makanan yang banyak mengandung mineral maupun gizi diantaranya ialah sayur-sayuran, daging, dan buah-buahan. Hindari hal-hal yang bisa membuat Anda lelah, karena selama masa mengandung Anda akan membutuhkan daya tahan fisik yang sangat luar biasa.


Banyak sekali hal-hal yang sepele menurut Anda malah menjadi hal yang sangat menyulitkan jika Anda tidak berhati-hati dalam beraktivitas, hal ini semata-mata demi menjaga kondisi bayi didalam perut sang ibu agar tetap dalam kondisi sehat dan baik. Semoga dengan mengetahui masa kehamilan 6 bulan diatas dapat membantu Anda dalam melewati masa-masa kehamilan apalagi jika usia kandungan sudah beranjak 6 bulan atau trimester kedua.

Artikel Terkait