Waspada ! Kenali Tanda Kehamilan Anggur Sejak Dini


Banyak sekali masyarakat khususnya para perempuan yang kurang mengenal apa itu hamil anggur. Kurangnya pengetahuan mereka tentang hal ini menyebapkan anggapan remeh tentang kondisi ini. Padahal hamil anggur sangat membahayakan kondisi si ibu sendiri.


Apa Itu Hamil Anggur?


Hamil anggur merupakan kehamilan abnormal yang berupa tumor jinak, tumor ini diawali oleh kegagalan dalam pembentukan janin. Sehingga hanya membentuk permukaan membrane yang memang mirip dengan segerombolan buah anggur yang berada di rahim.

Kehamilan anggur seringkali luput dari pandangan kita. Sebab, jika dilihat sepintas orang yang mengalami hamil anggur mirip dengan orang hamil pada umumnya. Namun, sebenarnya isi dalam kandungannya bukanlah janin, melainkan gelembung-gelembung mola.

Tak hanya gelembung-gelembung mola, pada umunya orang yang mengalami hamil anggur, sejumlah sel telur yang telah dibuahi akan tumbuh dan berkembang dengan sangat liar.

Bahkan pertumbuhannya sangat cepat, sehingga dapat membentuk sejumlah gelembung yang menyeruapi buah anggur.

Satu hal yang perlu anda ketahui, bahwa kehamilan anggur ini akan menyebapkan perut anda semakin besar layaknya hamil normal. Tetapi ukuran perut yang besar melebihi batas kehamilan normal. Jadi, anda khususnya para wanita harus waspada terhadap hal ini.

Tanda Kehamilan Anggur
  • Mudah lelah
  • Payudara membengkak dan kaku
  • Perut menjadi kembung
  • Sensitive terhadap bau-bauan
  • Buang air yang berlebihan
  • Temperature tubuh menjadi lebih tinggi dari biasanya

Jika anda mengalami kehamilan anggur. Solusinya adalah dengan melakukan kuretase, selanjutnya dilakukan proses monitoring dan follow up dengan ketat.

Hal tersebut dilakukan karena kehamilan anggur ini dapat berkembang kembali menjadi lebih ganas serta bisa membahayakan.

Oleh karena itu, kita sebagai perembuan ada baiknya mengetahui tanda kehamilan dini baik kehamilan normal maupun abnormal.
Guna menyelamatkan nyawa anda sendiri, anda juga harus peka terhadap hal-hal apa saja yang anda rasakan. Itulah manfaatnya kita mengetahui tanda kehamilan dini.

Kehamilan anggur ini disebabkan oleh beberapa factor, baik factor non fisik maupun factor fisik.

Berikut adalah penyebab dari hamil anggur.
  • Kekurangan vitamin A
  • Asupan gizi dan nutrisi yang kurang baik
  • Kualitas sperma atau ovum yang tidak baik
  • Penyakit darah tinggi
  • Mengonsumsi makanan rendah protein, asam folat dan karoten

Penanggulangan
Jika anda menemukan tanda-tanda diatas, jangan ragu untuk sesegera mungkin melakukan USG dan tes kadar hormone HCG. Sebab, kehamilan anggur ini sangat berbahaya bagi calon ibu. Jika tetap dipertahankan, akan menyebapkan anda mengalami pendarahan yang mencetus anemia.

Bahkan dapat mengakibatkan kematian karena kehilangan banyak darah. Pada kasus kehamilan anggur yang sering terjadi malah menyebabkan kriris hormone tiroid yang dapat menyebabkan kematian. Untuk itu segeralah berkunjung ke dokter, untuk sekedar mengecek kandungan.

Demikian penjelasan mengenai tanda kehamilan dini yang terjadi pada wanita yang mengalami kehamilan anggur. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Artikel Terkait